Tutorial - Background Hitam Putih pada Photoshop




Hello guys, masih bersama saya disini untuk mengulas tips tips ringan tentang mengedit foto menggunakan Adobe Photoshop.
Kali ini kita akan mengulas tentang cara untuk membuat background gambar menjadi hitam putih.
Step 1 :
Duplikat layer tekan CTRL + J



Step 2 :

Kita akan melakukan pencerahan pada gambar.
Caranya > Klik Create New Adjustment dibagian bawah layer box kamu.
Lalu Pilih Menu Curves..


Setelah selesai mengatur curves pada gambar, set Blending Optionnya menjadi Screen.

Step 3 :

Kita akan memulai melakukan efek hitam putih pada gambar.
Klik Create New Adjustment  lalu pilih SOLID COLOR.
Pilih warna putih.
Lanjutkan dengan masking objek yang ingin kamu biarin berwarna.




Lalu set Blending Optionnya menjadi COLOR.

Step  4 :

Agar ketajaman gambar lebih baik, kita akan menambahkan sedikit warna gelap.
Cara nya > Klik New Adjustment Layer  > Curves..
Atur kegelapan curves sesuai kebutuhan gambar kamu.




Kamu mungkin bertanya tanya kenapa kita mesti pake Create New Fill or Adjustment kan?
Fungsinya jika nanti kamu kurang cocok dengan settingan adjustment awal, kamu bisa mengatur kembali settingan nya (editable).
Jadi kamu ga perlu takut untuk menggeser – geser kursor kamu buat ngatur komposisinya.
Toh bisa diatur ulang kok.

Step 5 :


Kita akan menambahkan sedikit kegelapan pada sudut gambar untuk membuat gambar lebih sesuai.
Cara nya > New Adjustment > GRADIENT FILL

Step 6 :

Agar gambar yang kita edit terlihat lebih soft, kita akan menambahkan sedikit kabut pada gambar.
Lagi lagi kita pakai Create New Adjustment > Solid Color
Pilih warna Gray pada color picker.

Finishing Touch :

Agar gambar terlihat lebih jreeng kita tambahin contrast nya.
Cara nya > New Adjustment > Curves
Atur output dan input Curves seperti pada gambar dibawah.






Inilah hasilnya



Lebih dramatis kan?
Hohoho


Nah sekarang kamu udah tau cara nya buat gambar dengan background hitam putih yang ga biasa.
Selamat mencoba ^ ^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar